breaking news New

Sejumlah Warga Dapat Bantuan Bedah Rumah Dari Dinsos

PARINGIN - Pemkab Balangan melalui Dinas Sosial setempat, kemarin Senin (16/3) menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat kurang mampu, dan kelompok usaha bersama.

Ada puluhan orang yang mendapat bantuan dari Pemkab Balangan melalui Dinas Sosial Kabupaten Balangan. Selain untuk warga kurang mampu, bantuan juga diberikan kepada kelompok usaha bersama di desa dan purnatugas ASN.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Ribowo, mengatakan, sekitar 40 unit rumah yang mendapatkan bantuan untuk dibedah, yang menyebar pada delapan kecamatan di Kabupaten Balangan. 

“Adapun sumber dana untuk program ini berasal dari APBD Kabupaten Balangan. Sementara untuk dana APBN masih belum ada,” ujarnya.

Bantuan bedah rumah sendiri, kata dia, diberikan kepada warga yang kondisi rumahnya sudah tidak layak huni, dan setelah melalui verifikasi oleh petugas lapangan yang membidangi. Tentunya ada beberapa syarat yang juga harus terpenuhi, seperti kepemilikan tanah yang merupakan milik pribadi.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin usai secara simbolis menyerahkan bantuan mengatakan, program bedah rumah merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Pemkab Balangan. 

Tujuannya yakni untuk membantu masyarakat tidak mampu memiliki tempat tinggal yang layak huni.

Sedangkan untuk kelompok usaha bersama (Kube) di kecamatan, diberikan bantuan berupa uang senilai Rp20.000.000. Uang tersebut dimanfaatkan sebagai modal usaha.(elh/Rie).

Leave a Comment