breaking news New

Bupati H Ansharuddin Tinjau Banjir di Batumandi

PARINGIN - Hujan deras yang menguyur sebagian besar Kabupaten Balangan beberapa hari kemarin, mengakibatkan beberapa titik di wilayah berjuluk Bumi Sanggam tersebut terendam banjir.

Hujan deras yang terjadi hampir sepanjang malam tersebut, merendam beberapa desa ini terjadi di Kecamatan Batumandi seperti Desa Bungur, Riwa, dan Pelajau.

Untuk melihat kondisi masyarakat yang terkena dampak banjir itu, Bupati Balangan H Ansharuddin langsung meninjau ke lokasi banjir, Sabtu (11/4/2020) pagi.

Bupati Ansharuddin didampingi Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan serta Danramil Batumandi Kapten Rukijan.

Diakui Ansharuddin, beberapa desa di Kecamatan Batumandi memang menjadi daerah rawan banjir, karena memang berada di daerah rendah.

Selain memastikan kondisi warga yang terdampak, menurut Bupati, juga memperingatkan warga agar selalu waspada, terlebih saat ini memasuki musim hujan.

“Selain mengimbau warga terkait Banjir, kita juga sampaikan himbauan pemerintah terkait penangan Covid-19 atau virus coruna. Karena itu, kita juga lakukan pembagian masker bagi warga saat peninjauan banjir," ujar Ansharuddin.

Untuk penanganan selanjutnya, kata orang nomor satu di Bumi Sanggam, pihaknya sudah mengoordinasikan dengan BPBD dan Dinas Sosial. Artinya penangan akibat banjir sesuai dengan ketentuan yang ada, termasuk pemberian bantuan berupa sembako maupun penangan lainnya.

“Kita berharap kondisi banjir ini akan segara surut dan masyarakat diharapkan selalu waspada serta berkoordinasi dengan petugas terkait,’’ harapnya.

Berdasarkan data Tim TRC dari BPBD Kabupaten Balangan, Banjir di Kecamatan Batumandi terjadi di empat Desa yakni, Desa Bungur, Riwa, Kasai dan Pelajau.

Untuk Desa Bungur ada 144 Kepala Keluarga yang terdampak, Desa Riwa 80 KK sedangkan Desa Kasai dan Pelajau masing-masing 3 dan 5 buah rumah.

Untuk ketingian air sendiri antara 10 sampai 30 centimeter, sedangkan akses jalan A Yani yang melintasi Desa Riwa dan Bungur masih dapat dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. (elh/rie)

Leave a Comment