breaking news New

KIR MAN 4 Balangan Raih Dua Prestasi di Ajang LKTI Nasional

Karya Ilmiah Remaja (KIR) MAN 4 Balangan yakni "Jemuran Takut Hujan Berbasis Arduino Uno" berhasil meraih prestasi ajang nasional di Banjarmasin beberapa waktu lalu.

Karya inovasi penelitian ini dilahirkan oleh dua siswa bernama Nikky Viofana dan Putri Mayang Sari dengan dibimbing oleh Zulfah Magdalena, S.Pd.,M.Si, Muhammad Rasid Rida S.Pd.

Kepala Sekolah MAN 4 Balangan sekaligus pembimbing KIR Zulfah Magdalena, S.Pd.,M.Si, Kamis (9/4/2020) mengatakan, prestasi yang diraih yaitu juara favorit dan harapan 2 LKTI nasional.

"Yang juga lebih membanggakan adalah kami KIR MAN 4 Balangan hanya berusia 3 bulan, terletak jauh dari kota yakni Halong sudah bisa meraih prestasi, ini sebuah kebanggaan," ujarnya.

Lebih lanjut menurutnya, siswa MAN 4 Balangan mempunyai bakat yang hebat, karena dengan waktu kurang dari 3 bulan dalam mendalami dan mempelajari penelitian ilmiah, telah mampu menghasilkan karya, serta berprestasi di ajang nasional dengan merebut 2 prestasi.

"Hal itu pantas mereka dapatkan karena mereka sangat gigih dalam melakukan penelitian, bahkan di dalam masa pandemi Corona mereka tetap tawakal dan berjibaku menyelesaikan penelitian tersebut bahkan harus membuat video presentasi untuk presentasi final," ungkap Zulfah.

Ia mengharapkan, prestasi kali pertama eskul KIR MAN 4 Balangan ini menjadi motivasi dan penyemangat mereka untuk melakukan penelitian, dan menghasilkan karya inovatif baru yang berguna buat masyarakat dan lingkungan.

"Tentunya PR untuk membuat Jemuran Takut Hujan menjadi skala besar itu adalah skala prioritas karena pesanan sudah ada, tentulah perlu secepatnya direalisasikan," pungkasnya.

Zulfah mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Balangan, Kemenag, Dinas Pendidikan, serta pihak terkait yang telah mengapresiasi hasil penelitian oleh siswa MAN 4 Balangan.

 

Leave a Comment