breaking news New

Siswa SMKN 1 Paringin Ciptakan Sistem Kendali Lampu Taman

Karya inovatif terus dilahirkan oleh siswa di Kabupaten Balangan melalui penelitian karya ilmiah.

Salah satu karya inovatif tersebut dilahirkan oleh siswa SMKN 1 Paringin yaitu dengan menciptakan "Kendali Lampu Taman Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno dan Sensor Gerak" yang disingkat (KNALPOT BLONG). Karya ini disusun oleh siswa M. Alif Kasyafi, M. Al-Faiz Faiz dan Suriani.

Pembimbing Tim, Izuddin Syarif menjelaskan awal mula ide tersebut adalah selama ini pengoperasian lampu taman secara umum menggunakan sistem kendali otomatis untuk menghemat penggunaan energi listrik. Namun sistem tersebut hanya berfungsi mengontrol keadaan menyala dan mati lampu saja. Padahal jika lampu taman menyala sepanjang malam, namun tidak ada orang yang sedang berada di taman tersebut maka hal itu dirasa kontra produktif dengan upaya pengehematan.

"Hal itu dikarenakan lampu taman yang menyala dengan tingkat kecerahan penuh yang artinya konsumsi energi pada lampu tersebut juga lebih tinggi," ujarnya.

Nah, salah satu cara mengatasi hal itu adalah dengan meredupkan cahaya lampu ketika tidak di perlukan.

Menyikapi hal tersebutl lanjutnya, maka lahirlah penelitian ini memiliki tujuan membuat sistem kendali lampu taman.

"Dengan manfaat mampu mematikan lampu taman secara akurat saat kondisi terang, menyalakan lampu taman dengan tingkat kecerahan penuh pada saat kondisi hari gelap dan ketika ada pergerakan, serta meredupkan lampu taman saat kondisi hari gelap dan ketika tidak ada gerakan," ungkapnya.

Menurutnya, penelitian ini dimulai 1 Desember 2018 sampai 30 Desember 2019, berlokasi di SMKN 1 Paringin. Diawali dengan perencanaan pembuatan prototipe. Kemudian membuat desain prototipe dan pemrograman arduino uno. Setelah itu, melakukan pembuatan prototipe yang dikombinasikan utama arduino uno, dan sensor PIR HC-SR501. Selanjutnya dilakukan pengujian akurasi guna mengetahui seberapa akurat prototipe dalam mematikan lampu taman, menyalakan lampu taman dan meredupkan lampu taman.

"Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa KNALPOT BLONG akurat dalam mematikan lampu taman secara akurat saat kondisi terang, dengan standar deviasi 0,07, menyalakan lampu taman dengan tingkat kecerahan penuh pada saat kondisi hari gelap dan ketika ada pergerakan, dengan standar deviasi 0,13, serta meredupkan lampu taman saat kondisi hari gelap dan ketika tidak ada gerakan, dengan standar deviasi 0,08," jelasnya.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa KNALPOT BLONG handal dalam mematikan, menyalakan, dan meredupkan lampu taman.

Leave a Comment