breaking news New

Sistem Pegangan Pintu Otomatis Karya SMKN 1 Paringin Untuk Keamanan

PARINGIN - Siswa SMKN 1 Paringin tak lelah melahirkan karya inovatif melalui penelitian karya ilmiah. Setelah menciptakan "Kendali Lampu Taman Otomatis" kini lahir kembali karya baru yaitu "Sistem Pegangan Pintu Otomatis" yang disingkat TEMAN TURIS.Karya ini disusun oleh siswa Misransyah dan Agung Heru Saputra.

Pembimbing Tim, Izuddin Syarif, Kamis (16/4/2020) menjelaskan ide ini berawal salah satu faktor penting pada tempat tinggal yaitu keamanan. Biasanya keamanan pintu menggunakan penyangga kayu dan gembok. Sekarang pengamanan rumah telah berkembang dengan diperketat oleh bantuan jasa manusia seperti Satpam.

"Namun kurangnya waktu untuk beristirahat membuat Satpam kadangkala tidur disela-sela waktu berjaga, sehingga memberi peluang munculnya tindak kejahatan pencurian," ujar Izuddin. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memberikan informasi kepada pemilik rumah atau pihak berwajib, menerima perintah dari pesan singkat yang dikirimkan pemilik rumah, dan membuka pengunci pintu secara otomatis menggunakan Fingerprint.

"Penelitian ini kami lakukan mulai 13 November 2019 sampai 10 Januari 2020, berlokasi di SMKN 1 Paringin," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, penelitian ini berawal pada perencanaan, lalu pembuatan prototipe dengan menggabungkan seluruh pemrograman arduino uno yang meliputi sensor Fingerprint, SIM800L, DF Playerdanselenoid doorlock.

Penelitian ini dilakukan dengan dua jenis pengujian, yaitu : Pengujian hipotesis, bertujuan untuk menguji kehandalan prototipe dengan analisis standar deviasi.

Sedangkan, pengujian sistem dilakukan dengan cara mengamati TEMAN TURIS yang ditempatkan pada kondisi sesungguhnya.

"Hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa TEMAN TURIS handal dalam mengirim pesan singkat, menerima pesan singkat, dan membuka pintu.

"Melalui sistem ini diharapkan keamanan rumah dapat ditingkatkan dan jika terjadi pembobolan maka pemilik dan pihak berwajib dapat mengetahui permasalahan yang terjadi pada rumah tersebut," pungkasnya.(elh/rie)

Leave a Comment