breaking news New

Penyemprotan Disinfektan Massal

PARINGIN – Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, jajaran Polda Kalsel melaksanakan penyemprotan cairan desinfektan secara serentak yang ditindaklanjuti oleh Polres Balangan.

Bersinergi dengan Pemkab Balangan dan Kodim 1001/Amuntai-Balangan serta unsur swasta yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Balangan, kegiatan penyemprotan juga dilakukan di sejumlah tempat di wilayah Kabupaten Balangan.

Sekitar 30 armada konvoi tim yang melakukan penyemprotan Disinfektan dilepas langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, setelah sebelumnya memimpin Apel Gabungan Penyemprotan Disinfektan Massal yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Balangan, Paringin Selatan, Selasa (31/03/2020).

Hadir pula pada acara ini, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, Dandim 1001/Amt-Blg yang diwakili Danramil 1001-02/Prg Kapten Czi Rusdi Kusnarso, Kajari Balangan Khaidir SH MH, Sekda Balangan Ir H Ruskariadi, dan beberapa unsur perusahaan swasta.

Dalam arahannya, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid menyampaikan bahwa kegiatan penyemprotan massal berdasarkan Telegram Nomor ST/1008/III/KES.7/2020 yang berisi perintah untuk penyemprotan disinfektan secara massal, dalam rangka mewujudkan keselamatan masyarakat diperlukan gerakan preventif secara masif dan serentak untuk meminimalisir siklus penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Sasaran penyemprotan adalah kendaraan, fasilitas umum seperti taman ataupun tempat terbuka lainnya yang sering dikunjungi oleh masyarakat, jadi perlu saya tekankan yang disemprot adalah benda mati bukan orang. Cairan disinfektan yang digunakan untuk penyemprotan sudah aman karena sesuai dengan anjuran Dinas Kesehatan, jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” ujar Nur Khamid.

Hal senada juga disampaikan Bupati Balangan H Ansharuddin dalam sambutannya yang menegaskan bahwa penyemprotan ini diarahkan ke beberapa tempat umum, dan mengharapkan agar masyarakat Balangan menyadari untuk turut menjaga kebersihan serta kesehatan masing-masing anggota keluarganya, supaya terhindar dari Virus Corona.

“Selain aksi nyata, upaya pemerintah daerah juga telah disampaikan melalui media maupun sosialisasi tentang bagaimana cara mencegah penularan Covid-19 serta dampak dari virus itu. Kita juga sudah melakukan sosialisasi agar jangan keluar rumah untuk hal yang tidak perlu, jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan," ujar Ansharuddin.

Kegiatan penyemprotan pada hari tersebut dilakukan di 3 wilayah, yakni Kecamatan Paringin, Lampihong dan Batumandi. Dalam pelaksanaannya para petugas dibagi menjadi 3 tim, yang masing-masing terdiri dari personil TNI-Polri, ASN, Relawan, Tim Gugus Tugas, dan perwakilan perusahaan dengan rute utama penyemprotan oleh Armada Water Canon (AWC) di sepanjang Jl. A. Yani Kecamatan Paringin hingga Batumandi.

Para petugas penyemprotan gabungan juga dibekali oleh peralatan untuk menyemprot perorangan, sehingga dalam kegiatan pelaksanaannya para petugas tersebut bisa lebih fleksibel menyemprot area-area dan lokasi yang tidak terjangkau oleh mobil.

Leave a Comment