breaking news New

Pemkab Balangan Dirikan Tiga Posko di Wilayah Perbatasan Cegah Penyebaran Covid-19

PARINGIN – Mencegah Penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Pemkab Balangan mendirikan Posko Pemeriksaan Tim Gugus Tugas Covid-19 di tiga lokasi sepanjang jalan lintas perbatasan kabupaten yang menjadi areal masuk ke wilayah Kabupaten Balangan.

Posko tersebut masing-masing terdapat di Desa Dahai, Kecamatan Paringin yang berbatasan dengan Kabupaten Tabalong, kemudian di Desa Teluk Karya, Kecamatan Lampihong yang berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan posko di Desa Hamparaya, Kecamatan Batumandi yang berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Melihat kesiapan posko tersebut, Bupati Balangan H Ansharuddin didampingi unsur Forkopimda dan sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Balangan meninjau langsung ke lokasi posko yang berada di Desa Hamparaya, Batumandi dan Desa Dahai, Paringin, Rabu (8/4/2020).

Kepada awak media yang meliput kegiatan ini, Bupati Balangan H Ansharuddin yang sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas menyampaikan bahwa didirikannya Posko Pemeriksaan Covid-19 ini bertujuan untuk mencegah serta memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Balangan.

“Dengan adanya Posko Pemeriksaan ini, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Balangan akan terus melakukan pemantauan bagi setiap kendaraan yang keluar dan masuk antar kabupaten,” ujarnya.

Ditambahkan Ansharuddin, bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama 14 hari ke depan dan siapapun yang melewati posko akan diperiksa oleh petugas dengan melakukan pengecekan suhu tubuh serta pemeriksaan terhadap warga yang kembali dari wilayah yang terindikasi pandemi Covid-19.

“Bagi masyarakat yang suhu badannya mencapai 38 derajat celcius, akan didata dan akan dilakukan pengecekan kesehatan di tempat terdekat yang sudah disediakan petugas medis. Dan bila terindikasi Covid-19, maka akan dilakukan tindakan lebih lanjut,” jelas Ansharuddin.

Pada kesempatan ini, Bupati Balangan H Ansharuddin dan unsur Forkopimda Balangan juga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada sejumlah warga yang melintasi perbatasan kabupaten.

Leave a Comment