breaking news New

Pasca Banjir Hebat Aliran air PDAM Balangan Mengalami Kerusakan

Pascabanjir hebat menerjang Kabupaten Balangan yang menyebabkan panel kelistrikan air perpompaan PDAM Balangan terendam dan mengakibatkan putusnya aliran air di dua kecamatan yakni Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan.

Dampak dari banjir yang melanda wilayah Kabupaten Balangan hingga saat ini masih dirasakan warga. Sejumlah pipa milik PDAM rusak akibat bencana yang terjadi dan akibatnya suplai untuk air bersih dibeberapa kecamatan terputus sejak dua hari Jum'at (15/1).

Menurut warga yang tinggal disekitar lokasi,naiknya air sungai terjadi di malam hari. Luapan air sungai sangat cepat dan membanjiri area pompa dan ruang panel listrik setinggi 1 meter. Dengan sigap petugas PDAM segera memadamkan aliran listrik ke pompa untuk menghidari hal hal yang tidak diinginkan. 

Ditempat yang sama Direktur PDAM Kabupaten Balangan di Paringin, Minggu (17/1/2021) Suryadi menyampaikan pascahujan lebat yang mengguyur wilayah Balangan beberapa waktu lalu menyebabkan sejumlah kendala untuk pensuplaian air bersih kepada warga pelanggan PDAM. 

"Sebagaimana kita ketahui setelah meluapnya debit air sungai di Balangan, ponton kita di sungai hampir terbalik, kemudian panel kelistrikan perpompaan terendam air setelah kita evakuasi dan ada beberapa pipa yang putus sehingga perlu waktu untuk perbaikan," jelasnya.

Karena itu, untuk warga yang hingga saat ini belum bisa teraliri air bersih selama dua hari, pihaknya akan terus mengupayakan pelayanan dengan semaksimal mungkin.

"Hari ini insya Allah akan kita alirkan semuanya secara bertahap, tapi pipa masih ada yang kosong dan masih dalam tahap pengisian," ujarnya. 

Sementara itu, bupati terpilih periode 2021-2024 Abdul Hadi menyepatkan meninjau lokasi kerusakan aliran PDAM tersebut hal ini berdasarkan keluhan dari masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih pascabanjir di Balangan.

H. Abdul Hadi menambahkan, bahwa terputusnya penyaluran air bersih ini mengharuskan pihaknya bersama tim terjun langsung ke lapangan untuk mengontrol dan memastikan bahwa pelayanan PDAM bisa segera teratasi. 

"Menurut Direktur PDAM tadi pada hari ini air sudah bisa kembali didistribusikan kepada masyarakat secara bertahap," tukasnya (rie/sr).

Leave a Comment