breaking news New

Apa Sih Enaknya Kuliah di Luar Kota?

Jangan tunggu lama-lama lagi untuk menentukan di mana tempat yang cocok untuk melanjutkan kuliah setelah lulus SMS/SMK. Ketika sudah memutuskan untuk melanjutkan ke bangku kuliah, berarti kamu telah siap untuk menjadi calon mahasiswa. Dan calon mahasiswa harus berani mengambil sikap untuk menentukan arah masa depan kamu.

Kampus banyak tersebar di berbagai kota di seluruh indonesia. Untuk menuntut ilmu tidak perlu ragu memikirkan apakah tempat itu jauh ataukah dekat dari tempat tinggal kita. Banyak di antara mereka yang memilih kuliah di luar kot ayang jauh dari kampung halaman. Bukan masalah agar lebihbebas atau jauh dari tekanan orang tua. Tapi karena ingin  menimba ilmu dan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak lagi jauh dari lingkungan yang selama ini telah membesarkannya.

Tidak perlu risau kalau kamu harus ngontrak kalau jadi anak kos di tempat kuliah yang baru. Di situ kamu justru akan mendapat pelajaran yang berharga ketika kamu beradaptasi, bergaul dan berinteraksi dengan teman-teman baru dari berbagai daerah. Sikap kemandirian benar-benar diuji. Eit, tapi bukan dengan cara di-bully, lho. Kamu bisa melewati hari-hari yang manis dengan banyak bercengkerama dengan mereka.

Dengan menimba ilmu di tempat yang jauh dari orang tua, di sinilah kemandirian itu akan tumbuh dengan sendirinya. Nggak ada lagi yang bakal ngatain kamu si anak mama atau anak papa. Kamu akan sedikit demi sedikit belajar mengatasi permasalahan kamu sendiri tanpa campur tangan orang tua.

Dilihat dari segi usia, kamu kan sudah bukan anak remaja atau ABG lagi karena telah lulus sekolah menengah. Dan saat ini kamu berada di masa transisi menuju ke arah masa dewasa. Masa menuju kedewasaan dalam berpikir dan kematangan dalam bertindak. Ini bukan kewajiban, tetapi tuntutan. Orang tua tentu akan lebih senang anaknya yang sudah dewasa nggak bersifat kekanak-kanakan lagi dan tidak bergantung melulu kepada orang tua.

Banyak dari lulusan SMA/MA/SMK yang karena orang tuanya merasa tidak mampu membiayai kuliah, harus ke sana-kemari mencari kerja. Itu membutktikan bahwa usia-usia sebaya kamu memang harus sudah mulai berpikir menentukan nasib guna meningkatkan kualitas hidup ke depannya kelak. Kamu yang masih diberi kesempatan untuk menuntut ilmu lagi ke jenjang lebih tinggi sudah seharusnya bisa menjadi lebih baik dari yang hanya sekadar lulus SMA/MA/SMK saja.

Asal tahu saja, yang namanya mahasiswa itu memang harus mandiri. Pun dalam belajar. Mahasiswa tidak boleh mengandalkan dosen menularkan ilmunya seperti guru di SD, SMP atau SMA. Ketika kamu masih berseragam OSIS, kamu bisa mendapat ilmu dengan bermodal duduk dan mendengar saja. Di bangku kuliah, usaha yang sama tidak akan menghasilkan apa-apa jika mahasiswa tidak aktif mencari sendiri ilmu dari berbagai sumber, terutama buku-buku bacaan dan praktik-praktiknya (jika itu ilmu terapan).

Bekal ilmu kamu menjadi lebih banyak, lebih mantap. Kemandirian serta kedewasaan menjadi bertambah baik. Karena apa? Salah satunya karena kamu jauh dari orang tua. Dalam situasi jauh dari orang tuanmu akan memiliki kemampuan bertahan. Dalam hal ini bertahan hiduplah, tentunya. Bukan sekadar bertahan dari nggak makan dan minum. Itu namanya puasa. Bertahan dari apapun permasalahan yang mungkin timbul selama kamu jauh dari orang tua.

Berusaha menyelesaikan masalah sendiri, itu satu yang harus dimiliki oleh anak yang sudah mendapat predikat mahasiswa. Nggak seperti ketika kamu masih sekolah di SMP atau SMA/SMK. Banyak tantangan yang mesti dihadapi selama kuliah. Tak perlu dijelaskan, kamu pasti akan tahu sendiri nantinya bila sudah merasakan duduk di bangku kuliah. Nah, kamu-kamu yang merasa sudah gede, apa masih takut berada jauh dari orang tua? Kuliah di luar kta itu banyak banget manfaatnya. Kita jadi banyak teman dari berbagai daerah. Kita belajar mandiri yang membuat kemampuan berkembang menjadi lebih cepat. Pokoknya, banyak pengalaman berharga dari semua itu.

Jangan ragu jadi anak kos! Kamu akan lebih tangguh! ***

Leave a Comment