breaking news New

Memupuk Kebersamaan ala Ansharuddin - Syaifullah

Setahun memimpin Kabupaten Balangan, sebagai pasangan bupati – wakil bupati terpilih dalam pilkada Desember 2015, keduanya masih menunjukkan kekompakan dalam memimpin, baik kompak dalam hal kesamaan pandangan maupun dalam hal pembagian tugas.

Dalam suatu kesempatan berbincang dengan wartawan di awal Februari lalu, Pak Anshar, begitu nama panggilan akrab Sang Bupati, mengakui bahwa kebersamaan dalam menjalankan tugas adalah sebuah prasyarat demi terwujudnya program untuk masyarakat. Prasyarat, atau pra-kondisi, yang berarti sesuatu yang sifatnya sangat mendasar. Kebersamaan itu ibarat infrastruktur, seperti halnya jaringan jalan dalam dunia transportasi. Sebaik apapun kendaraannya, akan kurang maksimal bila kondisi jalannya buruk.

Anshar mengungkapkan, "Saya dengan Pak Wakil, serta kepala dinas, kepala bagian, camat serta seluruh desa se-Balangan, hingga saat ini kami menjalin kerjasama yang baik.”

Untuk menjaga agar semua memiliki arah pandang dan pemahaman yang sama, Anshar secara rutin mengundang jajarannya untuk berkonsolidasi, baik dalam format rapat koordinasi maupun format yang lebih santai—seperti kegiatan morning coffee yang biasa digelar sebulan sekali pada Senin pagi setelah apel gabungan. Kegiatan tersebut dimanfaatkan sebagai forum untuk bersilaturrahmi, di mana mereka bisa mengungkapkan berbagai persoalan dan bersama-sama mencari solusinya.

"Intinya mengevaluasi serta merencanakan apa yang dilakukan selama satu bulan sebelumnya dan satu bulan ke depan," terangnya.

Bupati dan Wakil Bupati sendiri cukup sering berdiskusi berdua di kantor, terutama seusai apel Senin pagi bila tidak ada kegiatan morning coffee. “Pak Wakil selalu datang ke ruangan saya untuk diskusi persoalan yang menyangkut pemerintahan,” ujarnya pula. "Begitu cara kami menjalin keakraban bersama. Diskusi sambil ngopi berdua di ruangan, banyak persoalan yang kami diskusikan. Tentu, semuanya dalam rangka berupaya bagaimana menjalankan visi dan misi.”

Selalu berkomunikasi dan berkoordinasi menjadi hal yang sangat penting bagi keduanya untuk menjalin keharmonisan, baik di antara keduanya maupun dengan seluruh jajaran pemerintahan yang mereka pimpin, guna menjaga agar semuanya dapat menjalankan tugas masing-masing sebaik mungkin.

"Kami yakin ke depannya roda pemerintahan di Kabupaten Balangan akan semakin baik dan maju dengan adanya kebersamaan serta komunikasi yang baik kepada setiap instansi," kata Bupati.

Wakil Bupati H. Syaifullah juga memiliki pendapat yang senada, bahwa kebersamaan dalam menjalankan tugas selama satu tahun ini berjalan dengan lancar. Salah satu wujudnya, dalam perjalanan selama satu tahun Bupati dan Wakil telah berbagi tugas, di mana Sang Wakil dipercaya untuk berfokus dalam menangani persoalan pendapatan daerah.

"Selama beberapa bulan Pak Wakil memang saya arahkan untuk mengurusi masalah royalti (dari pertambangan batubara—red.), misalnya mulai menjalin komunikasi, rapat, bahkan langsung terjun ke lapangan," Anshar memberi konfirmasi.

Syaifullah pun membenarkan soal pembagian tugas itu. "Kami sudah ada tugasnya. Bupati lebih banyak merealisasikan visi misi, sementara saya lebih kepada peningkatan royalti, sehingga saya bisa fokus menjalankan apa yang menjadi tanggung jawab saya," ujarnya. *****

Leave a Comment