breaking news New

Gema Desa Sehati

Setahun Kepemimpinan Ansharuddin-Syaifullah

Setahun memimpin Balangan, pasangan sehati Ansharuddin dan Syaifullah menggebrak dengan Program Gerakan Membangun (Gema) Desa Sehati. Dalam program ini, seluruh pejabat serta kepala dinas yang ada di Kabupaten Balangan diharuskan untuk terlibat secara langsung dalam pembinaan desa. Praktiknya, setiap pejabat diwajibkan memiliki desa binaan, dan minimal sebulan sekali mendatangi ke desa binaannya untuk melihat sendiri permasalahan yang ada di desa tersebut.

"Setiap bulan para kepala dinas, kepala bagian dan sekretariat harus turun ke lapangan membina desa yang telah ditunjuk," ujarnya.

Anshar memberikan penjelasan mengenai program tersebut dengan contoh. Misalnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ditugaskan untuk membina beberapa desa di suatu kecamatan. Ia turun langsung ke desa untuk mencari persoalan apa yang sedang atau akan dihadapi oleh desa. Semisal ada keluhan warga soal jalan rusak, berarti itu tugas dari Dinas PUPR sendiri yang akan mencarikan solusinya bagaimana supaya jalan tersebut baik lagi.

Prosesnya sama juga untuk permasalahan-permasalahan lain, namun harus tetap sesuai bidangnya. Misalnya di desa binaan pejabat Dinas PUPR tetapi didapati permasalahan di sekolah, berarti melaporkannya ke Dinas Pendidikan.

"Artinya, tetap sesuai dengan bidangnya. Jadi, setiap bulan ada masalah yang di-cover lalu dilaporkan ke dinas terkait," Anshar menjelaskan.

Selain pihak dinas, dalam program ini bupati juga melibatkan langsung pihak kecamatan agar lebih intens ke lapangan. Hal ini mengingat pihak kecamatan merupakan tangan pemerintah yang lebih dekat menjangkau ke desa-desa, sekaligus turut merasakan permasalahan yang ada.

"Saya mengharapkan melalui program ini kebersamaan selalu terjalin, terutama kebersamaan dalam menghadapi masalah dan memecahkannya sehingga masyarakat bisa merasakan kinerja nyata dari tangan-tangan pemerintah," harap Sang Bupati. *****

Leave a Comment