breaking news New

Milyar Beasiswa untuk Tingkatkan SDM

Setahun Kepemimpinan Ansharuddin-Syaifullah

Ansharuddin dan Syaifullah bergerak cepat untuk memenuhi janji-janji kampanye mereka agar segera menjadi kenyataan bagi masyarakat Bumi Sanggam. Salah satunya adalah pemberian beasiswa pendidikan kepada siswa serta mahasiswa Kabupaten Balangan bagi yang tidak mampu dan mereka yang berprestasi. Realisasi beasiswa itu telah dimulai pada tahun ajaran 2016/2017. Tepatnya, setelah melalui mekanisme yang dalam hal pengeluaran kas daerah atau pembayaran—termasuk APBD-Perubahan 2016, para siswa dan mahasiswa mulai menerima beasiswa pada bulan November 2016, atau sebelum genap setahun kepemimpinan pasangan Bupati – Wakil Bupati baru itu.

Dilihat dari visi kepemimpinannya, “mewujudkan Balangan maju dan sejahtera melalui pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM)”, dan prioritasnya pada pembangunan kesehatan dan pendidikan untuk menggenjot kualitas SDM, tidak heran kalau pemberian beasiswa itu disegerakan oleh pasangan pemimpin tersebut.

"Ini wujud implementasi visi misi kami, pemberian beasiswa ini merupakan salah satu upaya untuk memajukan sumber daya manusia di Bumi Sanggam," kata Bupati.

Porsi terbesar pemberian beasiswa adalah kepada siswa-siswi SD, SMP/sederajat dan SMA/sederajat yang berhasil meraih peringkat 1 – 3 dalam Ujian Nasional (UN) di sekolah masing-masing. Beasiswa yang totalnya mencapai lebih dari Rp 1,3 milyar itu diberikan untuk merangsang anak agar melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Caranya, salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa itu adalah siswa yang bersangkutan wajib melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Khusus untuk yang lulus UN di tingkat SMA/sederajat, harus melanjutkan kuliah di luar Balangan. Pemkab sendiri tidak membatasi harus di Kalsel atau Banjarmasin. Bila pilihannya kuliah di Jawa atau luar negeri sekalipun, asal siswa tersebut bisa masuk ke perguruan tinggi yang diinginkannya, beasiswa tetap diberikan.

Selain beasiswa peringkat UN, ada juga beasiswa kategori lain, yaitu beasiswa untuk siswa dari keluarga tidak mampu, beasiswa prestasi prestasi akademik, beasiswa untuk mahasiswa kedokteran, dan beasiswa untuk kuliah di luar negeri.

Secara keseluruhan, beasiswa yang telah disalurkan oleh pemerintahan Ansharudin – Syaifullah adalah sebesar Rp 1.613.700.000,- kepada 788 orang siswa dan mahasiswa Balangan.

Bupati yang juga mantan guru SMA itu benar-benar melihat arti penting pendidikan bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Tak heran, sektor itu langsung dikebutnya sejak awal memimpin. "Sejak awal setelah dilantik kami gerak cepat untuk memajukan bidang pendidikan," tegasnya.

Bupati mengharapkan melalui beasiswa ini anak-anak Balangan bisa nantinya setelah selesai kembali ke daerahnya untuk membangun daerahnya. *****

Leave a Comment