breaking news New

Rumah Ibadah Gratis Listrik dan Air

Setahun Kepemimpinan Ansharuddin-Syaifullah

Sejak awal dilantik, Bupati Ansharuddin dan wakilnya Syaifullah langsung menjalankan program pembebasan rekening listrik dan air (PDAM) bagi tempat-tempat ibadah di seluruh Balangan. Bukan hanya untuk masjid dan langgar, tetapi juga untuk gereja, vihara, pura dan balai adat.

Mereka ingin mengurangi beban pengurus tempat ibadah dalam mencarikan dana guna pengeluaran rutin, dengan harapan supaya para pengurus itu dapat lebih fokus pada upaya memakmurkan tempat ibadah yang dikelolanya.

Menurut Ansharuddin program ini sudah berjalan di lapangan sampai masa kepemimpinan satu tahun ini.

Tidak hanya itu, Ansharuddin dan Syaifullah juga menambahkan “ucapan terima kasih” kepada para guru mengaji, guru rumah tahfiz, penceramah keliling dan kaum masjid (marbot). Total penerimanya tak kurang dari 320 orang. Masing-masing menerima insentif bulanan sebesar Rp 300 ribu per orang, dan diperhitungkan pembayarannya mulai Oktober 2016.

"Ini juga sudah kami jalankan,” tegas Ansharuddin. “Program ini kami langsung jalankan sebagai wujud komitmen kami sebagai pemimpin, dan bukti realisasi janji." Janji yang dimaksudkannya adalah janjinya kepada masyarakat Balangan semasa kampanye pencalonan bupati-wakil bupati dulu.

Program lain yang juga sudah direalisasikan adalah santunan kematian, yaitu santunan yang diberikan kepada keluarga almarhum/almarhumah bila ada warga Balangan yang meninggal dunia. Besarnya santunan adalah satu juta rupiah.

Menurutnya semua program ini tak terlepas dari dukungan semua pihak sehingga mampu direalisasikan dengan baik di lapangan. Salah satunya tentu dengan mengatur ulang prioritas anggaran, program dan kegiatan. *****

Leave a Comment