Daftar | Login
Beranda| SGM Membangun| SGM Berita| SGM Gallery| SGM IPTEK| SGM Sehat| SGM Topik Utama| SGM Sosok| SGM Tausiyah| SGM Artikel
Media Center Balangan Buka Akses Informasi bagi Masyarakat

Paringin – Sebagai media informasi, dokumentasi dan publikasi resmi Pemerintah Kabupaten Balangan, Media Center Pemerintah Kabupaten Balangan (MC Balangan) membuka akses informasi seluas-luasnya bagi masyarakat Balangan, agar informasi pembangunan Kabupaten Balangan bisa dengan mudah diakses dan didapat.

Akses informasi, dokumentasi dan publikasi resmi Pemkab Balangan bisa dinikmati oleh masyarakat luas melalui Enam saluran yang disediakan oleh MC Balangan yakni, Website www.balangankab.go.id, www.mediacenter.balangankab.go.id,email mediacenter@balangankab.go.id,akun Facebook Media Center Pemkab Balangan,Twitter @MCBalangan dan Instagram @mc_balangan serta akun YouTube Media Center Pemkab Balangan.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan, Slamet Enggo Widodo mengungkapkan, saluran informasi berbasis internet ini sengaja dipilih demi memudahkan masyarakat untuk mengakses dan mendapatkan informasi, dokumentasi dan publikasi resmi seputar Pemrintah Kabupaten  Balangan. Diera pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini masyarakat sangat membutuhkan sarana akses informasi yang cepat,tepat dan terpercaya agar konsumsi informasi dimasyarakat sehat dan dapat meminimalisir tersebarnya berita hoax dimasyarakat.

Tersedianya saluran informasi berbasis internet ini, kata Enggo, tidak terlepas dari visi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan sendiri dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat, dimana informasi atau berita yang disajikan haruslah akurat, jujur, terbuka, dan mudah diakses oleh masyarakat.

“Lewat MC ini kita juga ingin menegaskan jika kita harus mampu membangun rasa percaya masyarakat terhadap kebijakan-kebijakn baik pemerintah pusat maupun daerah, serta mampu menampung keinginan masyarakat melalui suara pembaca yang interaktif,’’ kata Enggo saat berbincang terkait MC Balangan, Selasa (14/5/2019)

Keberadaan MC Balangan ini, menurut Enggo, bukan hanya sebagai pusat informasi dan fasilitasi kebutuhan publik terhadap informasi, tetapi juga sarana publik untuk dapat berkomunikasi dan saling bertukar informasi yang berkaitan dengan beragam isu strategis atau isu lokal lembaga publik.

Sedangkan tujuan adanya Media Center ini, lanjut dia, adalah mendukung pelaksanaan tugas pemerintah daerah khususnya dalam penyebarluasan informasi untuk kebutuhan publik dan juga sebaliknya, menampung informasi pembangunan yang disampaikan oleh publik untuk disebarluaskan kembali.

“Media Center berperan dalam mengkomunikasikan kebijakan publik secara cepat, tepat, akurat dan relevan agar mudah dipahami serta meningkatkan partisipasi publik dalam pertukaran informasi,’’ imbuhnya.

Terlepas dari itu, pihaknya menurut Enggo, selain menyediakan enam saluran informasi yang dimiliki MC Balangan juga melakukan kerjasama atau sinergi media online Infopublik milik Kementerian Komunikasi dan Informatika yaitu infopublik.id. Lewat sinergi ini, lanjut dia, diharapkan penyeberan informasi makin luas dan efektif.

“Melalui media center dan media online Infopublik diharapkan menjadi sarana informasi efektif, bukan hanya menyajikan informasi kejadian tapi juga mengangkat isu lokal yang sedang menjadi bahan perbincangan dan perhatian masyarakat,’’ pungkasnya. (MC Balangan/sgmk)

Oleh » Sanggam Kita (sgm) Post. By » sanggamkita » Rabu, 15-05-2019 13:37:25 WIB.

Print Email
Kirim Komentar


Pengunjung hari ini : 27 | Total Pengunjung : 126308 | Hits hari ini : 36 | Total Hits : 598894 | Pengunjung Online : 2