Daftar | Login
Beranda| SGM Membangun| SGM Berita| SGM Gallery| SGM IPTEK| SGM Sehat| SGM Topik Utama| SGM Sosok| SGM Tausiyah| SGM Artikel
Pembangunan SDM menjadi Fokus Perhatian

Paringin - Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Balangan menjadi fokus perhatian Bupati Balangan Ansharuddin dan Wakil Bupati Syaifullah.

Jika sebelumnya SDM tenaga pendidik dan kesehatan akan disejahterakan melalui kenaikan gaji, kini giliran putra putri Bumi Sanggam yang akan diberikan peluang menjadi pendamping desa di Kabupaten Balangan.

Bupati Balangan Ansharuddin, Jum'at (1/3/2019) menegaskan, kabupaten Balangan memiliki banyak potensi alam yang belum digarap. Salah satunya, sebagai penghasil batubara dan potensi pertanian.

“Kami memiliki beragam potensi sumber daya alam yang belum tergarap, Ini membutuhkan SDM yang andal, salah satunya para sarjana pendamping desa,” ujar Ansharuddin

Dia menjelaskan, pendamping desa sangat membantu desa, baik dalam administrasi desa, hingga mengelola potensi desa. Pasalnya, selama ini desa hanya bergantung dari program sarjana penggerak perdesaan. Program itu, menurutnya untuk membantu kesulitan adminsitrasi desa.

Disebutkan saat ini Kabupaten Balangan memiliki pendamping desa yang meliputi 154 orang di tingkat desa, 16 orang di tingkat kecamatan, 2 orang di tingkat kabupaten dan 2 orang di sekretariat.

Untuk lebih mengoptimalkan peran pendamping desa, DPMPD juga membentuk tenaga Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

Kepala DPMPD Urai Nut Iskandar menyampaikan melalui layanan jasa teknis sesuai keahliannya masing-masing, diharapkan bisa turut bersama-sama membangun desa dari sektor ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, dan infrastruktur.

Menurut dia, P2KTD ini bukan menghilangkan keberadaan pendamping desa, melainkan melengkapi kebutuhan desa dengan pendampingan yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan desa.

“Jadi, pendampingannya akan semakin disesuaikan dengan potensi dan permasalahan yang ada di desa masing-masing,” ungkap Urai.

Melalui program ini, pemerintah merangkul banyak elemen, termasuk lembaga swadaya masyarakat dan swasta, untuk bersama-sama mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan desa.

P2KTD ini harus merupakan sebuah lembaga profesional yang kehadirannya bisa membantu desa dan pendamping desa, untuk menyediakan layanan teknis dalam bidang infrastruktur pengembangan SDM serta kewirausahaan dan ekonomi lokal.

Menurutnya, yang perlu diingat, adanya P2KTD ini untuk memperkuat kapasitas teknis pemerintah desa, mempersiapkan kader desa, dan menumbuhkan kerja sama tim dalam membangun desa, sehingga semua mengarah pada kemandirian desa.

“Kemandirian itu bukan sekadar persiapan segala faktor pendukung, tetapi yang paling penting adalah mental SDM. Mental SDM itu bisa kita katakan sebagai pra syarat mutlak agar desa dan masyarakatnya bisa menjadi pelaku utama dalam mengejar kemajuan dan kesejahteraannya,” pungkasnya.

 

Program Membangun Negeri Dalam Meningkatkan SDM di Banua Sanggam

Paringin, InfoPublik – Untuk memperkenalkan program barunya di tahun ini, Yayasan Adaro Membangun Negeri bekerja sama dengan Pemkab Balangan, Selasa (12/3/2019) mengadakan sosialisasi, bertempat di aula Benteng Tundakan Setdakab Balangan.

Sosialisasi ini dihadiri Asisten II Pemkab Balangan Husaini, dan diikuti oleh sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan, Dinas Komunikasi dan Informatika serta Bagian Humas Setdakab setempat.

Sekretaris YABN, Ghufron Sholihin memaparkan, ada lima program baru yang pihaknya hadirkan di tahun 2019 ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Masyarakat (SDM) di wilayah operasionalnya, yang salah satu diantaranya adalah Kabupaten Balangan.

Kelima program itu yakni pembinaan PAUD, pendidikan berbasis teknologi, pelatihan vokasi, beasiswa Adaro Bright Future Leaders (ABFL) dan pendidikan vokasi.

“Melalui kelima program ini kita berharap lahir generasi penerus yang berkarakter, meningkatnya kemampuan guru, santri yang memiliki jiwa kewirausahaan, lulusan strata satu yang berjiwa kepemimpinan dan kualitas pendidikan di SMK yang dapat menciptakan siswa terampil serta siap mengisi lapangan kerja,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten II Pemkab Balangan Husaini yang membacakan sambutan Bupati Balangan H Ansharuddin mengatakan, ia mewakili sangat mengapresiasi adanya program dari YABN ini.

“Pendidikan memang menjadi prioritas Pemkab Balangan saat ini dan kedepannya, sehingga program dari YABN ini sangat sejalan dengan apa yang kita cita-citakan,” tukasnya. (MCBlg/Sgmk)

Oleh » Sanggam Kita (sgm) Post. By » sanggamkita » Sabtu, 02-03-2019 17:46:18 WIB.

Print Email
Kirim Komentar


Pengunjung hari ini : 84 | Total Pengunjung : 123478 | Hits hari ini : 216 | Total Hits : 588584 | Pengunjung Online : 3