Bupati Paparkan Kegiatan Peningkatan Kesehatan Dalam Rakerkesda Kalsel 2019

PARINGIN – Pembangunan bidang kesehatan di Kabupaten Balangan merupakan bagian dari visi dan misi pemerintahan, diantaranya memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh warga Bumi Sanggam. Demikian disampaikan Bupati Balangan H. Ansharuddin saat mengawali paparannya di hadapan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek SpM, pada Rapat Kerja Kesehatan  Daerah Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Rakerkesda) Tahun 2019.

Pada acara yang bertempat di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Selasa (5/3/2019) tersebut, hadir pula Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, para Kepala Daerah Se-Kalsel, jajaran Dinas Kesehatan Se-Kalsel, para Direktur RS Se-Kalsel dan organisasi-organisasi profesi kesehatan.

Lebih lanjut, Bupati Balangan H. Ansharuddin mengatakan bahwa program pemerintahannya dalam memberikan perlindungan kesehatan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

"Alhamdulillah, program jaminan kesehatan yang kami lakukan ini telah mendapat apresiasi dengan diserahkannya Universal Health Coverage (UHC) Award dari pemerintah pusat dan Antara Kalsel Award dari LKBN Antara," paparnya.

Selain itu, orang nomor satu di Balangan ini, juga memaparkan sejumlah permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam upaya peningkatan pembangunan kesehatan di wilayahnya.

"Masih ada sejumlah kendala, seperti kurangnya tenaga kesehatan, kurangnya sarana dan prasarana, serta masih kurangnya pengetahuan masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam penggunaan BPJS. Kami berharap kendala tersebut mendapatkan perhatian dari Menkes RI dan jajarannya," harap Ansharuddin.

Upaya dalam meningkatkan bidang kesehatan ini, mendapat perhatian dari Menkes RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek SpM, yang dalam arahannya mengapresiasi keseriusan para Kepala Daerah, dan meminta komitmen untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Dalam peningkatan derajat kesehatan salah satunya melalui usaha mencapai UHC, karena terwujudnya UHC akan memberikan ketenangan masyarakat akan jaminan kesehatan. Selain itu, saya berharap kepada jajaran Pemkab/Pemkot Se-Kalsel, selain upaya mewujudkan UHC dari sisi prensentasi cakupan peserta, hendaknya juga dibarengi dengan cakupan akses layanan kesehatan," harap Menkes.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau yang akrab dipanggil Paman Birin dalam sambutannya juga mengatakan, bahwa dilaksanakannya Rakerkesda dalam rangka upaya meningkatkan pembangunan kesehatan di Kalsel dengan tujuan untuk mengevaluasi dan mengangkat isu-isu strategis sehingga menghasilkan program yang komprehensif.

"Berbagai upaya peningkatan pembangunan kesehatan di Kalsel juga telah dilakukan Pemprov Kalsel, diantaranya dengan gerakan meningkatkan perilaku hidup sehat dan dikeluarkannya Pergub untuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat," terang Paman Birin.

Rekerkesda Kalsel yang mengangkat tema  "Kolaborasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah Bergerak untuk Mewujudkan Kalsel Sehat" digelar dari tanggal 3-7 Maret 2019, dan dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Gubernur Kalsel.

Pada acara ini juga dirangkai dengan penandatangananan komitmen Kepala Daerah dalam akselarasi pembangunan bidang kesehatan di Kalsel serta paparan oleh sejumlah Bupati sebagai narasumber Rakerdes, yakni Bupati HSS, Bupati Balangan, Bupati HSU dan Bupati Tanah Laut.

Oleh » Sanggam Kita (sgm) Post. By » sanggamkita » Selasa, 16-04-2019 17:53:41 WIB.