Serahkan LKPD 2018, Bupati Balangan Berharap Bisa Kembali Raih Opini WTP

PARINGIN – Bupati Balangan H. Ansharuddin secara resmi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Balangan Tahun Anggaran 2018 kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Kalimantan Selatan Tornanda Syaifullah.

Kegiatan penyerahan LKPD yang bertempat di Kantor BPK Perwakilan Kalsel, Banjarbaru, Jum'at (22/3/2019) ini, juga dihadiri oleh delapan Bupati/Walikota Se-Kalsel, Inspektur Se-Kalsel, serta Kepala Badan Keuangan Se- Provinsi Kalsel.

Pada kesempatan ini, Bupati Balangan H. Anshruddin mengatakan bahwa, setelah diserahkannya LKPD tersebut, maka pihaknya tinggal menunggu proses selanjutnya, yakni menerima Tim BPK RI yang akan bekerja melakukan pemeriksaan di Kabupaten Balangan.    "Selanjutnya kami persilahkan kepada BPK RI untuk bekerja sesuai amanat Undang-Undang. Kami siap diaudit atas LKPD tersebut. Dan tentunya kami sangat berharap dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk tahun ini, dengan kualitas yang lebih baik lagi," harapnya.

Ditambahkan Ansharuddin bahwa, Kabupaten Balangan telah meraih opini WTP selama lima tahun berturut-turut, serta mendapatkan apresiasi dan penghargaan langsung dari Menteri Keuangan RI atas raihan tersebut.

"Alhamdulillah, Kabupaten Balangan selama lima tahun berturut-turut berhasil meraih opini WTP. Kami juga sampaikan terima kasih kepada BPK RI, atas bimbingan, arahan dan kerjasamanya dalam upaya kami mencapai opini tersebut," ucap Ansharuddin.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel Tornanda Syaifullah dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemda yang sudah menyampaikan LKPD TA 2018 tepat waktu. Ditegaskannya, BPK RI akan meneliti LKPD sesuai standar akuntansi pemerintah, kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan, kecukupan bukti yang diungkapkan.

"BPK RI berkewajiban melakukan pemeriksaan dalam kurun waktu 60 hari kedepan setelah diserahkannya LKPD ini. Berdasarkan hasil pemeriksaan interm yang dilakukan di awal tahun tadi, Pemda harus mempersiapkan data persediaan, aktiva tetap, dan data dukung belanja lainnya,” ujar Tornanda.

Selain Kabupaten Balangan, delapan daerah lainnya juga menyerahkan LKPD 2018, yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Kota Banjarbaru.

Oleh » Sanggam Kita (sgm) Post. By » sanggamkita » Selasa, 16-04-2019 17:55:43 WIB.